maswiet

bercerita, berbagi dan beramal

Rabu, 14 Februari 2018

YAMAHA PSR 3000 MATOT.... Cara mengatasi....




Terkadang kita sering dipusingkan dengan situasi yang sebenarnya sepele.... namun karena kita kadang tidak tau dan tidak mau tau maka permasalahan yang sebenarnya sepele dianggapnya jadi masalah yang rumit.....dan harus diselesaikan dengan banayak energi dan biaya... kali ini saya ingin berbagi dengan permasalahan yang pernah saya alami...

1. YAMAHA PSR 3000 MATI TOTAL...
    Awalnya PSR saya normal normal saja.. sudah beberapa tahun saya pakai.... namun mungkin karena kondisi yang sering dibawa2 tanpa menggunakan hardcase, sering sekali tacap kluarkan jack ( khususnya jack power supply), dan faktor usia PSR sangat mempengaruhi...
Ketika saya ingin sekedar memainkan lagu baru karena penasaran  baru tau lagu tsb....eh setelah saya tancapkan jack power supply, ternyata layar LCD tidak ada tanda tanda kehidupan PSR saya....., saya pikir ada masalah dengan Power Supply.. tapi ketika saya coba cek power suply ternyata normal normal saja... saya coba menggunakan Power supply teman PSR saya tidak juga mau nyala.... 
sempat kepikiran kalau saya harus mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki PSR saya....Namun karena keterbatasan dana saya, saya beranikan diri untuk mencoba membongkar PSR dengan rasa penasaran dan sedikit khawatir.
dengan hanya menggunakan Obeng Kembang (+) saya coba  langkah sebagai berikut : 
1. Balikkan dulu PSR, posisikan bagian tuts dan panel lainnya di bawah. jangan lupa perlu hati2.
2. Membuka baut  yang ada di casing yang jumlahnya lumayan banyak, dan perlu kehati-hatian karena  casing PSR 3000 yang lumayan berat karena ada beban 2 (dua)buah  speaker, ada 2 (dua) baut yang tidak perlu dibuka yaitu skrup yang ada di bagian  panel Card reader.kemudian casing diangkat dengan terlebih dahulu melepas kabel speakernya.
3. Setelah  casing terbuka  dilanjutkan membuka baut yang ada di bagian CPU  tidak semua baut dibuka, hanya baut yang menempel/masuk ke bagian bodi saja yang dilepas, setelah semua baut dilepas, lepas (copot) bagian kabel yang menempel pada bagian CPU. kemudian lepas  angkat bagian CPU tersebut.
4. Setelah bagian CPU diangkat/dilepas dilanjutkan membuka baut yang  ada di PCB bagian power audio....jangan lupa melepas kabel2 yang menempel..
5. Setelah semua kabel dan baut dilepas, kemudian angkat PCB bagian power audio. dan di cek bagian jack DC 16 Volt. ternyata   bagian DC IN + sudah retak dan tidak konek. ini yang menyebabkan  arus DC dari power supply tidak bisa mengalir ke PSR saya ......... kemudian saya kerok bagian yang retak dan saya  solder  dengaan tinol yang lebih banyak dari yang sudah ada supaya bisa lebih kuat. setelah bagian  tersebut saya solder. saya coba hubungkan kembali kabel kabel yang dilepas tadi termasuk kabel speaker kemudian  hubungkan  power suply ke PSR....   ALHAMDULILLAH.... lcd  menyala dan mulai booting. GRENG......PSR SAYA HIDUP LAGI.....
6. Saya berhasil dan segera saya pasang kembali semua yang tadi saya lepas...... BERHASIL.....









1 komentar:

Unknown mengatakan...

Apa cuma layar nya aja om yg mati,saya jg punya psr 3000 yg layar nya padam,jdi saya maen tanpa layar,hanya modal ingatan posisi style nya di mana,.susah sih n terganggu